KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAWDITINJAU DARI KREATIVITAS DAN PRESTASI MATEMATIKASISWA KELAS VIIISMPN 2 LANGKE REMBONG

  • Marus Longginus Mida
Keywords: Model pembelajaran, STAD, Jigsaw

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test dan post-test. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Langke Rembong. Dua kelas, Kelas VIII-C dan  VIII- E ditentukan sebagai sampel secara acak. Kelas VIII-C dikenai perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII-E dikenai perlakuan dengantipe jigsaw. Data dianalisis secara univariat dengan statistik  uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk membandingkan keefektifan tipe STAD dan Jigsaw, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two-group MANOVA pada taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran tipeSTAD dan Jigsaw efektif ditinjau dari kreativitas dan kemampuan matematika siswa, 2) terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw ditinjau dari kreativitas dan prestasi Matematika siswa, 3) pembelajaran tipe Jigsaw lebih efektif dari tipe STAD ditinjau dari kreativitas dan prestasi Matematika siswa.

Published
2019-10-01
Section
Articles