GURU AGAMA KATOLIK MILENIAL DI PUSARAN PENETRASI DIGITAL DAN URGENSI PENDIDIKAN KRITIS

  • Tapung Marianus Mantovanny
Keywords: Teachers, Digital penetration, Critical education

Abstract

Guru agama katolik memiliki tugas dan tanggung jawab penting dalam membangun keadaban bangsa. Tugas dan tanggung jawab itu menjadi semakin berat dan mendesak ketika teknologi informasi terus menerus berkembang secara pesat. Untuk mengantisipasi ini, guru agama katolik perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan kekinian, termasuk pengetahuan dan keterampilan digital. Pengetahuan dan keterampilan ini terkait juga bagaimana menerapkannya dalam dunia pembelajaran agama katolik di sekolah-sekolah. Pembelajaran agama Katolik semakin revelan, kontekstual dan aktual bisa dielaboarasi dengan berbagai pendekatan-pendekatan digital. Selain membuat siswa semakin paham akan materi agama katolik, tetapi lebih dari itu, para siswa juga mampu menghubungkan materi ajar dengan perkembangan digital. Para guru agama katolik bisa memanfaatkan berbagai media digital untuk membantu siswa menghayati hidup keagamaannya dalam kehidupan sehari-hari, dan menanamkan nilai-nilai tersebut dalam era perkembangan digital.

Published
2019-10-01
Section
Articles